Pengaruh Dimensi Fraud Hexagon terhadap Kecurangan Akademik Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5835Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui dampak fraud hexagon terhadap kecurangan akademik peserta didik, yang memuat tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, arogansi serta kolusi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Siswa SMK Negeri 1 Boyolali yang mengikuti penelitian ini berjumlah 1391 siswa. Dalam pengumpulan data dipergunakan metode simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner jenis skala likert digunakan untuk mengumpulkan data variabel Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Arogansi, dan Kolusi. Sampel penelitian ini berjumlah 302 siswa, dimana model regresi yang dipergunakan yaitu regresi linear. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa secara simultan fraud hexagon berdampak besar pada kecurangan akademik secara bersamaan. Sedangkan secara parsialnya, tekanan, kesempatan, rasionalisasi menunjukkan hasil signifikansi positif atas kecurangan akademik. Variabel kemampuan, arogansi, dan kolusi tidak memengaruhi signifikan terhadap kecurangan akademik peserta didik. Penelitian ini menemukan bahwa peserta didik cenderung melakukan kecurangan akademik jika ada tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi yang mendukung perilaku kecurangan.
Kata kunci: fraud hexagon, tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kecurangan akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muqim Fakhrul Islam, Surya Jatmika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.