Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir

Authors

  • Rayhan Deta Maulana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ramon Ananda Paryontri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5913

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan efikasi diri dengan stress akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Metode penelitian digunakan yaitu metode kuantitatif korelasional dengan jumlah subjek sebanyak 7.872 mahasiswa  penentuan sampel dikembangkan oleh Isaac dan Michael digunakan tingkat 5% sebanyak 334 mahasiswa. Adapun pengambilan sampel penelitian yaitu dengan teknik probability sampling yang menggunakan proposionate stratifield random sampling. Teknik pengukuran skala penelitian ini menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri dengan stress akademik tingkat korelasi yang kuat. Semakin tinggi tingkat efikasi diri yang dimiliki mahasiswa maka semakin stress akademik. Hasil penelitian ini digunakan sebagai acuan positif perencanaan sebelum melakukan pembelian produk di kelas. Berdasarkan penelitian yang saya teliti disimpulkan bahwa diketahui terdapat hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan berdasarkan ke efektifan dari efikasi diri terhadap stres akademik sebesar 44%.

Kata kunci: efikasi diri, stres akademik, mahasiswa akhir

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Rayhan Deta Maulana, & Ramon Ananda Paryontri. (2024). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1413–1427. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5913

Citation Check