Pengaruh Kecemasan Akademik dan Situasi Akademik Terhadap Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5933Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan akademik dan situasi akademik terhadap self regulated learning siswa MTs di sekolah Ikhlasiyah Guppi Muslimin. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sebanyak 100 siswa dijadikan sampel yang dipilih secara acak (random sampling). Penelitian ini menggunakan tiga kuesioner dari tiga variabel dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui pengaruh kecemasan akademik terhadap self regulated learning sebesar 22,1% dan pengaruh situasi akademik terhadap self regulated learning sebesar 11,9%, dan pengaruh keduanya terhadap self regulated learning sebesar 23,4%. Besarnya pengaruh kecemasan akademik dan situasi akademik terhadap self-regulated learning siswa berpengaruh positif dan signifikan. Ini menunjukkan bahwa selain kecemasan akademik, situasi akademik juga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kemampuan siswa dalam mengatur dan mengendalikan proses belajar mereka. Seberapa baik siswa dapat mengatur dan mengendalikan proses belajar mereka (self regulated learning).
Kata kunci: kecemasan akademik, self regulated learning, situasi akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ulfa Khairani Saragih, Ade Chita Putri Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.