Pengaruh Kecemasan Akademik dan Situasi Akademik Terhadap Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis

  • Ulfa Khairani Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ade Chita Putri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5933

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan akademik dan situasi akademik terhadap self regulated learning siswa MTs di sekolah Ikhlasiyah Guppi Muslimin. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sebanyak 100 siswa dijadikan sampel yang dipilih secara acak (random sampling). Penelitian ini menggunakan tiga kuesioner dari tiga variabel dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian diketahui pengaruh kecemasan akademik terhadap self regulated learning sebesar 22,1% dan pengaruh situasi akademik terhadap self regulated learning sebesar 11,9%, dan pengaruh keduanya terhadap self regulated learning sebesar  23,4%. Besarnya pengaruh kecemasan akademik dan situasi akademik terhadap self-regulated learning siswa berpengaruh positif dan signifikan. Ini menunjukkan bahwa selain kecemasan akademik, situasi akademik juga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk kemampuan siswa dalam mengatur dan mengendalikan proses belajar mereka. Seberapa baik siswa dapat mengatur dan mengendalikan proses belajar mereka (self regulated learning).

Kata kunci: kecemasan akademik, self regulated learning, situasi akademik

Diterbitkan

2024-02-20

Cara Mengutip

Saragih, U. K., & Harahap , A. C. P. (2024). Pengaruh Kecemasan Akademik dan Situasi Akademik Terhadap Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1048–1059. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5933

Citation Check