Literature Review: Intervensi untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental

Authors

  • Khalida Zia Br Siregar Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Happy Karlina Marjo Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6133

Abstract

Literasi kesehatan mental merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat mengakses, memahami, menilai dan menerapkan informasi kesehatan sehingga dapat membuat penilaian dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari mengenai perawatan kesehatan, pencegahan dan promosi kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hidup. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat kemanjuran intervensi peningkatan literasi kesehatan mental berbasis Web, berbasis pelatihan, berbasis program sekolah, dan berbasis komunitas dengan Komponen literasi kesehatan mental. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur PRISMA. Adapun  prosedur pengumpulan data sesuai dengan Pedoman PRISMA  melalui mesin pencarian Google Schoolar dan PubMed. Ditemukan sebanyak 892 artikel tentang literasi kesehatan mental dan yang memenuhi syarat terdapat 10 artikel. Hasilnya Menemukan bahwa tidak semua intervensi literasi kesehatan mental sesuai dengan komponen literasi kesehatan mental yakni memberikan pengetahuan tentang literasi kesehatan mental, Pengetahuan tentang gangguan jiwa, Stigma dan Pencarian bantuan.

Kata Kunci:  literasi kesehatan mental, program berbasis sekolah, kajian kesehatan mental

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Khalida Zia Br Siregar, Eka Wahyuni, & Happy Karlina Marjo. (2024). Literature Review: Intervensi untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1706–1715. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6133

Citation Check