Survey Perilaku Agresi Verbal Siswa SMK

Authors

  • Livia Buamona Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Wirda Hanim Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7272

Abstract

Agresi verbal di kalangan peserta didik SMK semakin menjadi perhatian dunia pendidikan karena dampaknya yang signifikan terhadap iklim belajar, hubungan sosial, dan perkembangan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perilaku agresi verbal dan faktor pemicunya pada peserta didik kelas XI SMK Yappenda. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif, dengan populasi sebanyak 208 peserta didik dan sampel yang dipilih secara purposif. Instrumen yang digunakan adalah Skala Perilaku Agresi Verbal berbasis skala Likert, yang telah diuji validitasnya (nilai korelasi > 0,30) dan reliabilitasnya (koefisien alpha 0,85). Data dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics. Hasil menunjukkan ejekan (45%), sindiran (35%), dan hinaan (28%) sebagai bentuk perilaku yang dominan, dengan intensitas lebih tinggi pada peserta didik laki-laki. Faktor pemicu utama meliputi pengaruh teman sebaya (60%), tekanan akademik (52%), dan paparan media sosial (48%). Temuan ini menggarisbawahi urgensi intervensi berbasis konseling pengelolaan emosi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan mendukung perkembangan peserta didik secara positif.

Kata kunci: agresi verbal, SMK, hubungan sosial

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Buamona, L., Eka Wahyuni, & Wirda Hanim. (2025). Survey Perilaku Agresi Verbal Siswa SMK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1435–1446. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7272

Citation Check