Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Group Exercise Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMP

Authors

  • Fadhil Muhammad Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Cece Rahkmat Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nandang Rusmana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ipah Saripah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6241

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya sikap academic hardiness di kalangan siswa, terutama dalam menghadapi tuntutan kehidupan akademik di era globalisasi. academic hardiness merujuk pada kemampuan siswa untuk tetap kuat dalam menghadapi tantangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik group exercise dalam meningkatkan academic hardiness pada siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Bandung untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain kelompok kontrol pretest-posttest nonequivalent groups design. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam tingkat academic hardiness antara pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 42% yang tergolong kurang efektif. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan teknik bimbingan yang lebih efektif untuk meningkatkan academic hardiness siswa dan memberikan dasar untuk pengembangan teori academic hardiness di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Kata kunci: bimbingan kelompok, group exercise, academic hardiness.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Fadhil Muhammad, Cece Rahkmat, Nandang Rusmana, & Ipah Saripah. (2025). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Group Exercise Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1289–1302. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6241

Citation Check

Most read articles by the same author(s)