Melihat Pengaruh dari Social Endorsement Cues (SECs) dalam 10 Tahun Terakhir: Systematic Literature Review

Authors

  • Muhammad Reza Satya Universitas Indonesia, Indonesia
  • Hamdi Muluk Universitas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6386

Abstract

Pengguna media sosial mengalami peningkatan dalam 10 tahun terakhir yang disertai dengan manfaat dan bahaya yang ditimbulkan. Salah satu faktor yang memengaruhi cara orang menilai kebenaran informasi di media sosial adalah pandangan tentang dukungan sosial atau dikenal dengan istilah social endorsement cues (SECs). Peneliti melakukan systematic literature review (SLR) mengenai pengaruh SECs pada penelitian eksperimen. Peneliti menemukan bahwa bentuk SECs semakin beragam seperti rating, label peringatan atau cek fakta, jenis komentar, dan persentase kecocokan dengan suatu produk. SLR ini juga menemukan beberapa variabel potensial yang dapat menjadi moderator seperti rasa percaya, persepsi terhadap media sosial, keberpihakan politik, dan tingkat partisipasi politik. Penelitian ini berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman individu mengenai bagaimana pengaruh SECs terhadap perilaku konsumen dan interaksi sosial di platform digital serta membantu memahami tren dan perubahan individu dalam merespon dukungan sosial. Penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan peran dari variabel yang berpotensi memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pengaruh SECs.

Kata kunci: media sosial, social endorsement cues, label peringatan

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Satya, M. R., & Muluk, H. (2024). Melihat Pengaruh dari Social Endorsement Cues (SECs) dalam 10 Tahun Terakhir: Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 276–291. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6386

Citation Check