Melihat Pengaruh dari Social Endorsement Cues (SECs) dalam 10 Tahun Terakhir: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6386Abstrak
Pengguna media sosial mengalami peningkatan dalam 10 tahun terakhir yang disertai dengan manfaat dan bahaya yang ditimbulkan. Salah satu faktor yang memengaruhi cara orang menilai kebenaran informasi di media sosial adalah pandangan tentang dukungan sosial atau dikenal dengan istilah social endorsement cues (SECs). Peneliti melakukan systematic literature review (SLR) mengenai pengaruh SECs pada penelitian eksperimen. Peneliti menemukan bahwa bentuk SECs semakin beragam seperti rating, label peringatan atau cek fakta, jenis komentar, dan persentase kecocokan dengan suatu produk. SLR ini juga menemukan beberapa variabel potensial yang dapat menjadi moderator seperti rasa percaya, persepsi terhadap media sosial, keberpihakan politik, dan tingkat partisipasi politik. Penelitian ini berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman individu mengenai bagaimana pengaruh SECs terhadap perilaku konsumen dan interaksi sosial di platform digital serta membantu memahami tren dan perubahan individu dalam merespon dukungan sosial. Penelitian selanjutnya sebaiknya mempertimbangkan peran dari variabel yang berpotensi memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pengaruh SECs.
Kata kunci: media sosial, social endorsement cues, label peringatan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Reza Satya, Hamdi Muluk
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.