STUDI KOMPARASI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK ANTARA SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DAN MTs NEGERI 2 YOGYAKARTA

Authors

  • Muntholib - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.67

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri dengan metode layanan bimbingan kelompok pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N II Kota Yogyakarta, masing-masing 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Wihiteny-U, uji Wilxocon dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian: 1) ada peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP N 15 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan MTs N 2 Kota Yogyakarta; 2) ada peningkatan rasa percaya diri pada siswa; 3) ada perbedaan peningkatan motivasi belajar pada siswa; 4) ada perbedaan peningkatan rasa percaya diri pada siswa.
Kata kunci: motivasi, rasa percaya diri, layanan bimbingan kelompok

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

-, M. (2019). STUDI KOMPARASI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN RASA PERCAYA DIRI DENGAN METODE LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK ANTARA SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA DAN MTs NEGERI 2 YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.67

Citation Check