Integrasi Nilai Sumang Gayo Dalam Bimbingan Kelompok Teknik Biblioedukasi untuk Mengelola Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP

Authors

  • Mahara Pinte Nate Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • IM Hambali Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Hidayah Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6701

Abstract

Keterampilan komunikasi interpersonal adalah kecakapan individu dalam membangun hubungannya baik dengan orang lain melalui proses komunikasi, baik komunikasi verbal maupun non verbal. Namun kenyataannya masih banyak individu yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal belum optimal. Keterampilan komunikasi interpersonal bukan merupakan bawaan dari lahir, sehingga  perlu dilatih dan dikembangkan, salah satunya melalui layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini mengkaji layanan bimbingan kelompok berpadukan teknik biblioedukasi dan  nilai sumang gayo. Penelitian ini menggunakan metode literature riview menggunakan PRISMA model. Hasil yang didapat berupa 14 artikel yang relevan dari 43 artikel yang diidentifikasi terkait bimbingan kelompok, teknik biblioedukasi, nilai sumang gayo dan keterampilan komunikasi interpersonal. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kesesuaian layanan bimbingan kelompok teknik biblioedukasi berbasis sumang gayo untuk mengelola keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik biblioedukasi bermuatan nilai sumang gayo dipandang tepat dalam membimbing siswa dalam mengelola keterampilan komunikasi interpersonalnya agar lebih optimal.

Kata kunci: bimbingan kelompok, biblioedukasi, sumang gayo, keterampilan komunikasi interpersonal

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Mahara Pinte Nate, IM Hambali, & Nur Hidayah. (2024). Integrasi Nilai Sumang Gayo Dalam Bimbingan Kelompok Teknik Biblioedukasi untuk Mengelola Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 669–685. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6701

Citation Check

Most read articles by the same author(s)