Analisis Pengaruh Teknik Role Play dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self Esteem Siswa: Studi Eksperimen Dengan Pendekatan Kuatitatif
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.6981Abstract
Self-esteem adalah aspek penting dalam perkembangan psikologis siswa yang berpengaruh terhadap keberhasilan masa depan. Namun, banyak siswa mengalami self-esteem rendah yang menghambat perkembangan pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role play dalam meningkatkan self-esteem siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Sampel terdiri dari 10 siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Surakarta yang dipilih melalui purposive sampling berdasarkan hasil angket awal. Intervensi dilakukan dalam empat sesi selama 60 menit. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan observasi, serta dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada self-esteem siswa (thitung > ttabel yaitu 15.195 > 1.8331; Sig. 0,000 < 0,05), dengan rata-rata skor meningkat dari 96,8 menjadi 146. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role play efektif meningkatkan self-esteem siswa. Teknik ini dapat diadopsi oleh guru bimbingan konseling sebagai strategi untuk mendukung perkembangan psikologis siswa.
Kata kunci : bimbingan kelompok, role play, self esteem
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Eny Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling

G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










