Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian Di SMP Negeri 5 Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5745Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control untuk mengurangi perilaku siswa saat ujian. Metode penelitian ini merupakan jenis eksperimen dan menggunakan one group pre-test post-test design dengan populasi penelitian yaitu siswa siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Karanganyar. dan penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, angket (kuisioner), dan observasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan Analisis Paired Sampel t-Test. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaaan layanan konseling kelompok teknik self control dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis uji t (paired sample t-test) diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14.029 > 2.0150 dan Sig. (2- tailed) = 0,000 < 0,05. Hasil tersebut disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control untuk mengurangi perilaku menyontek siswa kelas VIII F SMP Negeri 5 Karanganyar.
Kata kunci : konseling kelompok, teknik self control, perilaku menyontek
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eny Kusumawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.