Systematic Literature Review: Memanfaatkan dan Mewaspadai Calling Terhadap Well-Being Pada Guru

Authors

  • Dian Asri Citraningrum Universitas Indonesia, Indonesia
  • Farida Kurniawati Universitas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7137

Abstract

Meskipun kelelahan dan stres kerja pada guru mengakibatkan well-being yang rendah dan memicu niat berhenti bekerja, namun sebagian guru tetap memilih bertahan pada profesinya. Studi ini meneliti peran calling pada berbagai penelitian terhadap well-being. Proses penelitian berpedoman pada Preferred Reporting Items for Systematic  Review  and  Meta-Analysis (PRISMA). Sebanyak 2.480 data penelitian diperoleh dari enam database dan sumber lainnya. Hasil screening sebanyak 8 penelitian dianalisis dan disintesis. Hasil tinjauan menemukan dampak positif calling terhadap well-being pada guru, meskipun adanya temuan yang berbeda-beda terhadap job satisfaction dan pengalaman afeksi. Inkonsistensi ini disebabkan oleh kondisi kerja yang buruk dan dedikasi yang tinggi. Penelitian ini menyarankan stakeholder, pendidik, tenaga kependidikan, praktisi, lembaga pendidikan, serta instansi terkait agar mempertimbangkan faktor calling untuk meningkatkan well-being pada guru.

Kata kunci: calling, well-being, guru, systematic literature review

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Citraningrum, D. A., & Kurniawati, F. (2025). Systematic Literature Review: Memanfaatkan dan Mewaspadai Calling Terhadap Well-Being Pada Guru. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1513–1527. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7137

Citation Check