Systematic Literature Review: Memanfaatkan dan Mewaspadai Calling Terhadap Well-Being Pada Guru
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7137Abstrak
Meskipun kelelahan dan stres kerja pada guru mengakibatkan well-being yang rendah dan memicu niat berhenti bekerja, namun sebagian guru tetap memilih bertahan pada profesinya. Studi ini meneliti peran calling pada berbagai penelitian terhadap well-being. Proses penelitian berpedoman pada Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis (PRISMA). Sebanyak 2.480 data penelitian diperoleh dari enam database dan sumber lainnya. Hasil screening sebanyak 8 penelitian dianalisis dan disintesis. Hasil tinjauan menemukan dampak positif calling terhadap well-being pada guru, meskipun adanya temuan yang berbeda-beda terhadap job satisfaction dan pengalaman afeksi. Inkonsistensi ini disebabkan oleh kondisi kerja yang buruk dan dedikasi yang tinggi. Penelitian ini menyarankan stakeholder, pendidik, tenaga kependidikan, praktisi, lembaga pendidikan, serta instansi terkait agar mempertimbangkan faktor calling untuk meningkatkan well-being pada guru.
Kata kunci: calling, well-being, guru, systematic literature review
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Asri Citraningrum, Farida Kurniawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.