PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.83Abstract
dengan penerimaan siswa pada perilaku sosial dan emosional siswa dengan kebutuhan
khusus di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Subyek penelitian
siswa kelas VII dan guru di SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambang
Lipuro. Hasil penelitian penerimaan siswa pada perilaku sosial dan emosional siswa
dengan kebutuhan khusus yang dibuktikan oleh saling pengertian, keterbukaan,
pendampingan dan komunikasi teman sebaya, pengakuan kemampuan dan interaksi
dengan siswa berkebutuhan khusus. Tanggapan siswa reguler, ditemukan bahwa mereka
menerima secara positif perilaku sosial dan emosional siswa dengan kebutuhan khusus
yang dibuktikan dengan komunikasi berkelanjutan yang baik; pengakuan bakat dan
kemampuan dan interaksi dengan siswa dengan kebutuhan khusus di lingkungan sekolah.
Ditemukan bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) adalah 0,402> 0,05. Tidak ada perbedaan
yang signifikan dalam penerimaan siswa reguler untuk siswa dengan kebutuhan khusus di
SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.
Kata kunci: pendidikan inklusif, penerimaan siswa, perilaku sosial dan emosional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.