PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL

Penulis

  • Reni Setyawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.83

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan inklusif dalam kaitannya
dengan penerimaan siswa pada perilaku sosial dan emosional siswa dengan kebutuhan
khusus di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Subyek penelitian
siswa kelas VII dan guru di SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambang
Lipuro. Hasil penelitian penerimaan siswa pada perilaku sosial dan emosional siswa
dengan kebutuhan khusus yang dibuktikan oleh saling pengertian, keterbukaan,
pendampingan dan komunikasi teman sebaya, pengakuan kemampuan dan interaksi
dengan siswa berkebutuhan khusus. Tanggapan siswa reguler, ditemukan bahwa mereka
menerima secara positif perilaku sosial dan emosional siswa dengan kebutuhan khusus
yang dibuktikan dengan komunikasi berkelanjutan yang baik; pengakuan bakat dan
kemampuan dan interaksi dengan siswa dengan kebutuhan khusus di lingkungan sekolah.
Ditemukan bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) adalah 0,402> 0,05. Tidak ada perbedaan
yang signifikan dalam penerimaan siswa reguler untuk siswa dengan kebutuhan khusus di
SMP Negeri 2 Sewon dan SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro.
Kata kunci: pendidikan inklusif, penerimaan siswa, perilaku sosial dan emosional

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Setyawati, R. (2019). PENDIDIKAN INKLUSI: PENERIMAAN SISWA TERHADAP PERILAKU SOSIAL DAN EMOSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SMP NEGERI 2 SEWON DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO DI KABUPATEN BANTUL. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.83

Citation Check