PENINGKATAN NILAI EMPATI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PELATIHAN MITIGASI BENCANA BERBASIS MULTISENSORIS DI SDN KARANGANYAR DAN SDN MINGGIRAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.86Abstract
karakter di masa mendatang, terlebih pada siswa berkebutuhan khusus. Peningkatan nilai
empati untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi dapat dilakukan melalui
pelatihan yang bertempat di sekolah. Salah satu pelatihan yang dapat meningkatkan nilai
empati siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi yaitu pelatihan mitigasi
bencana. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan nilai empati siswa berkebutuhan khusus.
Kegiatan dilaksanakan di SDN Karanganyar dan SDN Minggiran Yogyakarta. Rangkaian
kegiatan ini dilakukan selama sembilan bulan, yakni Februari sampai Oktober 2018.
Metode kegiatan adalah pelatihan dengan ceramah dan simulasi. Hasil evaluasi
menunjukkan peningkatan nilai empati siswa berkebutuhan khusus dan peningkatan
pengetahuan dan keterampilan guru dan karyawan dalam melakukan pelatihan mitigasi
bencana berbasis multisensoris. Peningkatan nilai empati siswa sebelum dan setelah
pelatihan sebesar 1.7, sedangkan peningkatan skor pengetahuan dan keterampilan guru
dan karyawan dalam melakukan mitigasi bencana sebelum dan setelah pelatihan sebesar
3.04.
Kata kunci: empati, mitigasi bencana, multisensoris, ABK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.