UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELAUI SUPERVISI AKADEMIK DI MTs NEGERI 5 DEMAK

Authors

  • Nur Kamsan MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru-guru dalam menyusun RPP yang memuat pembelajaran kooperatif dan penerapannya melalui supervisi akademi yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan madrasah (PTM). Subyek penelitian ini adalah guru-guru MTs Negeri 5 Demak berjumlah  43 orang. Teknik pengumpulan data melalui dokumen kegiatan pembelajaran dan observasi (pengamatan) pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan kemampuan guru dalam menyusun RPP yang memuat langkah-langkah pengelolaan pembelajaran kooperatif kategori baik atau baik sekali meningkat dari siklus 1 sebesar 30,20% menjadi 81,25% pada siklus 2, demikian juga ada peningkatan kompetensi guru menerapkan pengelolaan pembelajaran kooperatif dari siklus 1 sebesar 65,12% menjadi 86,05%.

Kata Kunci : supervisi akademi, kompetensi guru, pembelajaran kooperatif

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Kamsan, N. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELAUI SUPERVISI AKADEMIK DI MTs NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 84–93. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1190

Citation Check