STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PNS DAN NON PNS DI SMP MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Suryanik Suryanik SMP Muhammadiyah 1 Pundong, Indonesia
  • Adhy Pratomo YH SMK Muhammadiyah Prambanan

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 2) mendiskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 3) menemukan signifikansi perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul PNS dan yang Non PNS. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode analisa data mixed methods yaitu suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan  mencampur metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitiaan untuk memahami pemasalahan  penelitian. Artinya menggunakan metode kuantitatif karena teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kuisioner, dan juga menggunakan metode kualitatif karena teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dan Non PNS yang signifikan di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata  persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS adalah 82,1%, dan nilai rata-rata persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS sebesar 82,6%. Hal ini menunjukkan perbedaan yang terjadi hanya sekitar 0,5 sehingga menjadikan perbedaan antara kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dengan kemampuan kepemimpinan Kepala sekolah Non PNS tidak signifikan.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Suryanik, S., & YH, A. P. (2020). STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PNS DAN NON PNS DI SMP MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 169–176. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1289

Citation Check