STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PNS DAN NON PNS DI SMP MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1289Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 2) mendiskripsikan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. 3) menemukan signifikansi perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul PNS dan yang Non PNS. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode analisa data mixed methods yaitu suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mencampur metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitiaan untuk memahami pemasalahan penelitian. Artinya menggunakan metode kuantitatif karena teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket kuisioner, dan juga menggunakan metode kualitatif karena teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dan Non PNS yang signifikan di SMP Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS adalah 82,1%, dan nilai rata-rata persentase kemampuan kepemimpinan kepala sekolah Non PNS sebesar 82,6%. Hal ini menunjukkan perbedaan yang terjadi hanya sekitar 0,5 sehingga menjadikan perbedaan antara kemampuan kepemimpinan kepala sekolah PNS dengan kemampuan kepemimpinan Kepala sekolah Non PNS tidak signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.