INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NUR’AINI NGAMPILAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2176Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan langkah-langkah internalisasi nilai
kemandirian anak. Jenis penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Nuraini Ngampilan Yogyakarta. Pada
tahap perencanaan, disusun kurikulum yang mengacu pada enam aspek perkembangan
anak yaitu nilai-nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional,
dan seni. TK Nur’aini juga mengintegrasikan pembelajaran Al Islam dan
Kemuhammadiyahan/ Keaisyiyahan sebagai muatan yang mengaliri seluruh aspek
perkembangan. Pada tahap pelaksanaan, disusun berbagai Standar Operasional Prosedur
(SOP) yang bersifat praktis-implementatif dengan tujuan melatih kemandirian anak
melalui pembiasaan. Nilai kemandirian diimplementasikan ke dalam proses pembelajaran
sejak anak datang hingga anak pulang melalui pembiasaan dan pembelajaran melalui
bermain. Permainan menggunakan model pembelajaran sentra yang mencakup empat
pijakan: lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah
main. SOP yang ada adalah SOP: penyambutan anak, bermain bebas, cuci tangan,
kegiatan, pengalaman motorik kasar, toilet training, pijakan sebelum main, pijakan
selama main, pijakan saat main, pijakan setelah makan, dan saat kepulangan anak.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sentra, Kemandirian Anak, TK Aisyiyah Nuraini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.