TINGKAT KEJENUHAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI SECARA DARING DI SMP NEGERI SURABAYA

Authors

  • Dyah Anggraeni Andaryanti Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ayong Lianawati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2188

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah memberi kebijakan baru untuk
membatasi aktifitas diluar rumah salah satunya yaitu pembelajaran yang seharusnya
dilakukan secara tatap muka kini diganti dengan pembelajaran secara daring (dalam
jaringan). Kegiatan belajar mengajar secara daring mengakibatkan beberapa
permasalahan salah satunya yaitu kejenuhan siswa dalam menjalani kegiatan belajar
daring. Kejenuhan dalam pembelajaran ini terjadi tidak hanya dalam pembelajaran mata
pelajaran saja namun terjadi pada saat pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler salah
satunya ekstrakurikuler seni tari. Dampak yang dirasakan oleh siswa pada saat proses
belajar dirumah adalah para siswa merasa dipaksa belajar jarak jauh, mengejar materi
sehingga beberapa siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan
permasalahan yang ada, peneliti akan meneliti tingkat kebosanan belajar dalam kegiatan
ekstrakurikuler seni tari secara daring. Penelitian ini menggunakan perhitungan teknik
analisis data kuantitaitf. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan disebar 67
sampel pada tanggal 28 Januari 2021. Berdasarkan hasil analisis data memperoleh
sebanyak 55% tinggi dan 45% sedang, hal ini membuktikan bahwa tingkat kejenuhan
belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 29 Surabaya adalah masuk
dalam kategori tinggi.
Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring, Ekstrakurikuler Seni Tari

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Andaryanti, D. A., & Lianawati, A. (2021). TINGKAT KEJENUHAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI SECARA DARING DI SMP NEGERI SURABAYA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 91–101. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2188

Citation Check