MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Authors

  • Syadah Khusniawati Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Tasman Hamami Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Budi Raharjo Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran dan efektivitas
pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 1
Yogyakarta. Jenis pendekatan penelitian menggunakan mixed method. Metode
pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan angket. Teknik
menguji keabsahan data dengan metode triangulasi. Sumber data penelitian adalah
informan dan dokumen. Terdapat dua jenis informan yaitu primer dan sekunder. Informan
primer terdiri dari Kepala sekolah, Wakaur kurikulum dan guru, sedangkan informan
sekundernya adalah siswa. Langkah-langkah dalam analisis data menggunakan reduksi
data, display data, pengambilan kesimpulan dan statistik diskriptif. Prinsip manajemen
pembelajaran yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dapat dilihat dari
kegiatan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), comanding
(pengarahan), coordinating (pengkoordinasian) dan controling. Prinsip-prinsip yang
dijadikan pijakan dalam mengaplikasikan kegiatan belajar daring meliputi perhatian,
motivasi, keaktifan peserta didik (siswa), keterlibatan langsung, pengulangan belajar,
materi pembelajaran yang menantang dan penguatan kepada siswa.
Kata Kunci : Majemen Pembelajaran, Efektifitas Pembelajaran Daring

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Khusniawati, S., Hamami, T., & Raharjo, A. B. (2021). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 110–119. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2190

Citation Check