EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Authors

  • Linda Widiyanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis tingkat pendidikan karakter dalam ranah afektif nilai kejujuran, dan mengetahui strategi dalam meningkatkan kejujuran siswa SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa.Pengumpulan data diambil melalui angket,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan karakter kejujuran siswa SD Muhammadiyah sapen adalah sebagai berikut: dalam kategori sangat baik (>97,5) sebanyak 2 siswa, kategori baik (75 sd 97,5) sebanyak 27 siswa, kategori kurang (52,5 sd 75) sebanyak 2 siswa, sedangkan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat kurang (<52,5). Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kejujuran siswa SD Muhammadiyah Sapen termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: evaluasi,nilai-nilai karakter, nilai kejujuran

Downloads

Published

2019-08-16

How to Cite

Widiyanti, L. (2019). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i2.318

Citation Check