EFEKTIVITAS PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 SENDANG AGUNG LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4382Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Muhammadiyah 2 Sendang Agung. Metode penelitiannya kuantitatif dengan desain statis dua kelompok dilengkapi metode kualitatif sebagai penguatan. Respondennya 44 siswa yang diwajibkan mengikuti shalat berjamaah di sekolah (kelas VII-A dan kelas VIII-A), sebagai pembanding diambil 44 siswa yang tidak diwajibkan shalat berjamaah (kelas VII-B dan VIII-B). Pengumpulan datanya menggunakan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis kuantitatif menggunakan rumus independent sample t test, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan interactive model. Setelah dilakukan analisis data, disimpulan: kedisiplinan siswa yang diwajibkan mengikuti shalat berjamaah (kelompok eksperimen) mayoritas sangat disiplin (52,27%); kedisiplinan siswa yang tidak diwajibkan mengikuti shalat berjamaah (kelompok kontrol) mayoritas juga sangat disiplin (43,18%); dan pembiasaan shalat berjamaah tidak efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Muhammadiyah 2 Sendang Agung (p = 0,354).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.