UPAYA MENINGKATKAN PROSOSIAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX F MTs NEGERI BONANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.461Abstract
Siswa MTs menumbuhkan sikap prososial yang ditandai dengan kemampuan untuk mau menolong terhadap sesama. Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa MTs Negeri Bonang ditemukan bahwa sikap prososial siswa kategori rendah. Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan prososial melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX F semester 2 MTs Negeri Bonang. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Berdasarkan hasil pemberian layanan pada siklus I yang oleh peneliti diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui bimbingan kelompok, ternyata hasil yang dicapai dalam bimbingan kelompok pada siklus I, beberapa siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan dalam layanan. Adapun dengan siklus II, siswa mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok sangat antusias. Pemberian layanan bimbingan kelompok melalui dua siklus ini mengalami perubahan yang signifikan. Upaya yang perlu dilakukan untuk membantu siswa meningkatkan sikap prososial adalah dengan mengoptimalkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Untuk itu disarankan pada guru bimbingan dan konseling sebagai praktisi dilapangan untuk menggunakan model bimbingan kelompok dapat dijadikan salah satu alternative dalam memaksimalkan mutu pelayanan bimbingan kelompok.
Kata kunci: prososial, bimbingan kelompok, siswa MTs
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.