Indeks Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Fasilitas Kesehatan Di Desa Tanjung Rejo
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4650Abstract
Kepercayaan masyarakat dalam menggunakan pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan kesehatan yang merupakan penentu utama kepuasan masyarakat. Melalui penggunaan Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai alat untuk mengukur persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. Penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Indeks Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Fasilitas Kesehatan di Desa Tanjung Rejo dengan mengacu pada Kepmenpan No.14/KEP/M.PAN RB/2017 tentang pedoman survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Penelitihan ini memakai metode Deskriptif Kuantitatif dengan desain penelitihan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah Peserta BPJS Kesehatan di Desa Tanjung Rejo, dengan sampel accidental sampling sebanyak 100 responden. Hasil Pengukuran IKM menunjukkan bahwa peserta BPJS Kesehatan puas dengan fasilitas kesehatan Desa Tanjung Rejo dalam kategori “Baik” dengan total nilai sebesar 77,89. Unsur Biaya sebesar 87,75 merupakan unsur yang tertinggi, sedangkan Unsur Penanganan dan saran sebesar 61,25 merupakan unsur yang terendah. Kesimpulan indeks kepuasan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan di desa tanjung rejo adalah katagori “Baik”.
Kata kunci: IKM, BPJS kesehatan, kualitas pelayanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 M. Dwi Setiawan, Dewi Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.