UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX C MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN QURBAN MELALUI METODE TEAM QUIZ DI MTS NEGERI BONANG SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.467Abstract
Hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Berdasarkan studi pendahuluan pada siswa MTs Negeri Bonang ditemukan bahwa hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar melalui team quis pada siswa kelas IX C semester 1 MTs Negeri Bonang. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pemberian layanan pada siklus I yang oleh peneliti diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Pembelajaran melalui metode teqm quis, ternyata hasil yang dicapai dalam pada siklus I, beberapa siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan dalam layanan. Adapun dengan siklus II, siswa mengikuti kegiatan belajar sangat antusias. Upaya yang perlu dilakukan untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran. Untuk itu disarankan pada guru bidangstudi sebagai praktisi dilapangan untuk menggunakan model pembelajaran dengan team quis dapat dijadikan salah satu alternative dalam memaksimalkan mutu pembelajaran
Kata kunci: hasil belajar, mata pelajaran, metode team quiz
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.