Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Muslima Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Indonesia
  • Yuliana Nelisma Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Elviana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337

Abstract

Tujuan penulisan ini terkait kesadaran diri siswa. Bimbingan Kelompok dengan pendekatan Muhasabah (BKp-M) salah satu solusi dalam meningkatkan kesadaran diri siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttestt control group design. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah instrument penelitian. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dalam meningkatkan kesadaran diri siswa hasil pengolahan menunjukan hasil dengan mengunakan Uiji Wilcoxom, diperoleh hasil terdapat 15 data selisih (posotif) (N) yang artinya ke 15 siswa mengalami peningkatan kesadaran diri dari nilai prettest ke nilai posttest dengan Mean Rank atau rata-rata sebesar 8.00, sementara itu jumlah rangking positif atau Sum of Ranks sebesar 120.00. Kesimpulannya merupakan bimbingan kelompok pendekatan muhasabah (BKp-M) dalam meningkatkan kesadaran diri lebih efektif dibanding dengan Bimbingan kelompok. Sehingga bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dapat meningkatkan kesadaran diri siswa, kemudian hasil riset ini dapat dijadikan acuan pelaksanaan BKp-M di sekolah.

Kata kunci: bimbingan kelompok, muhasabah, kesadaran diri

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Muslima, Yuliana Nelisma, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1905–1914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337

Citation Check