Penerapan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review

Authors

  • Khairani Syam Br Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6092

Abstract

Disiplin belajar adalah sebagai suatu jenis pengendalian diri siswa mentaati peraturan dan ketentuan sekolah untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Salah satu upaya Guru BK di sekolah yakni melalui penerapan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengkaji efektifnya teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yakni literature review dengan menggunakan 1464 artikel kemudian diseleksi menjadi 10 artikel menggunakan Google Scholar dengan kriteria terbit minimal 10 tahun terakhir, mulai dari tahun 2014 sampai dengan 2024, dengan kata kunci teknik self management, kedisiplinan belajar, dan siswa SMA. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan teknik self management sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik self management membantu siswa meningkatkan kemampuan untuk lebih disiplin melalui cara mengubah perilaku yang dipengaruhi oleh pikiran, perasaan dan mengurangi perilaku yang tidak pantas dan mengganggu.

Kata kunci: kedisiplinan belajar, teknik self management, siswa SMA

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Khairani Syam Br Manurung, & Nefi Darmayanti. (2024). Penerapan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1574–1590. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6092

Citation Check