Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA

Penulis

  • Tri Prasetiyowati Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia
  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6141

Abstrak

Prokrastinasi Akademik merupakan perilaku menunda yang terjadi pada siswa. Dampak dari perilaku tersebut Siswa mengalami gangguan belajar dan penurunan nilai akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Sejahtera. Dalam penelitian ini prokrastinasi yang ditemukan antara lain: menunda-nunda tugas karena sulit memahami pelajaran dan mengerjakan kegiatan seperti bermain voli, bermain ponsel, menonton anime. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan design pre-eksperimental one-group pre-test & post-test. Penelitian ini menggunakan skala pengukuran. Diketahui jumlah populasi adalah 116 siswa dengan sampel yang berjumlah 6 siswa. Terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa uji wilcoxon menunjukkan penurunan pada skor pre-test dan post-test, dengan nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,027 menunjukkan bahwa hipotesis diterima (Ha) dengan alasan 0,027 kurang dari 0,05. Siswa yang memiliki penurunan prokrastinasi akademik akan mudah menentukan skala prioritas dan memiliki manajemen waktu yang baik, dan sebaliknya.

Kata kunci: konseling kelompok, restrukturisasi kognitif, prokrastinasi akademik

Diterbitkan

2025-01-08

Cara Mengutip

Prasetiyowati, T., & Dimas Ardika Miftah Farid. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1262–1276. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6141

Citation Check