Hubungan Self-Esteem Dengan Public Speaking Anxiety Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6153Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan public speaking anxiety pada siswa SMA di Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif desain korelasional. Sampel penelitian yaitu 270 siswa SMA yang diambil dari 4 sekolah. Instrumen yang digunakan yaitu RSES (Rosenberg Self Esteem Scale) dengan reliabilitas sebesar 0.849 dan skala PRPSA (Personal Report of Public Speaking Anxiety) dengan hasil reliabilitas sebesar 0.956. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara self esteem dan public speaking anxiety, yaitu r = -.0355 (p < 0.01). Artinya, semakin tinggi tingkat self esteem siswa, semakin rendah tingkat public speaking anxiety yang mereka alami, dan sebaliknya. Rata-rata partisipan dalam penelitian ini memiliki self esteem pada kategori sedang, yaitu sebanyak 108 siswa (40%) dan memiliki public speaking anxiety pada kategori sedang, yaitu sebanyak 118 siswa (42.96%). Siswa yang memiliki self esteem tinggi dapat mengurangi risiko tingginya public speaking anxiety, dan sebaliknya.
Kata kunci: self esteem, public speaking anxiety, siswa SMA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jonathan Kent Setyanto, Dewita Karema Sarajar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.