Mengatasi Degradasi Moral Remaja dengan Pendidikan Tauhid dan Sosial dalam Al-Quran

Authors

  • Alif Hibatullah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muh. Fathoni Hasyim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6253

Abstract

Degradasi moral remaja seperti asusila, kekerasan, narkotika harus diselesaikan. Pendidikan aqidah sesuai Alquran menjadi solusinya. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan kontekstualisasi Alquran. Dalam Alquran Nabi Ibrahim dan Nabi Ya’qub wasiat kepada keturunannya agar menyembah Allah dan mati sebagai muslim. Keturunannya menjawab akan menyembah Allah yang maha Esa. Dan Luqman yang berpesan kepada keturunannya agar menyembah Allah, amal ma’ruf, nahi munkar. Internalisasi pendidikan dimulai dilingkup keluarga, orang tua menjadi teladan. Menyampaikan pesan dengan ramah, rahmah dan istiqomah. Lingkungan sekolah memberikan materi aqidah disetiap pelajaran dengan metode bernyanyi, agar anak mudah memahami. Manusia adalah makhluk sosial, menghargai perbedaan dan saling tolong menolong. Dari Aqidah yang kuat, ketaatan seorang hamba kepada tuhannya akan menghindarkan dari perbuatan yang tidak bermoral. Dampak penelitian ini sebagai pedoman pendidik dan orang tua untuk mengkonseling remaja, pembahasan yang singkat dan mudah dipahami, sehingga bisa dilakukan oleh siapapun, dan mampu mengatasi masalah degradasi moral remaja.

Kata kunci: degradasi moral, remaja, petunjuk alquran

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Alif Hibatullah, & Muh. Fathoni Hasyim. (2024). Mengatasi Degradasi Moral Remaja dengan Pendidikan Tauhid dan Sosial dalam Al-Quran. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 710–718. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6253

Citation Check