Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 16 Kota Jambi

Authors

  • Melisa Tria Rosantika Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulianti Universitas Jambi, Indonesia
  • Yanto Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan disiplin belajar. Populasi penelitian ini adalah kelas 8 dengan jumlah 323 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 8 orang siswa dari kelas VIII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil pretest menunjukkan rata-rata disiplin belajar yang dimiliki siswa berada pada kategori rendah. Pada hasil posstets disiplin belajar menunjukkan bahwa rata-rata skor disiplin belajar siswa berada pada kategori tinggi. disiplin belajar siswa mulai meningkat setelah diberikan perlakuan dimana siswa mulai menunjukkan perilaku yang mencerminkan kedisiplinan. Berdasarkan hasil uji n gain perlakuan yang diberikan terbukti efektif untuk meningkat disiplin belajar siswa. Melalui teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok, siswa tidak hanya belajar untuk lebih disiplin tetapi juga mengembangkan berbagai keterampilan penting yang akan bermanfaat bagi kehidupan akademik dan pribadi mereka

Kata kunci: bimbingan kelompok, role playing, disiplin belajar

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Melisa Tria Rosantika, Yulianti, & Yanto. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 16 Kota Jambi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 292–301. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6293

Citation Check