Validitas Inventori Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Rasch Model

Authors

  • Salsabila Farah Diba Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ahman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6354

Abstract

Resiliensi akademik dimaknai sebagai kemampuan bertahan siswa dalam keadaaan sulit, mampu mengatasi kesulitan, bangkit dari keterpurukan serta dapat beradaptasi secara positif terhadap tekanan dan tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menvalidasi inventori resiliensi akademik bagi siswa SMA. Proses pengembangan instrument meliputi studi literatur, konsultasi dengan pakar Bimbingan dan Konseling, serta uji coba. Responden penelitian ini sebanyak 238 siswa dari 5 SMA yang berada di pulau Sumatera. Inventori pada penelitian ini terdiri dari 56 pernyatan dengan 4 aspek yaitu, confidence, control, composure, commitment. Analisis data dengan pendekatan Rasch model menggunakan uji ketepatan skala, tingkat kesesuaian item, uji dimensionalitas dan reliabilitas item. Hasil menunjukan inventori memiliki validitas kontruk dan reliabilitas yang baik, sehingga dapat mengukur aspek resiliensi akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada bidang pendidikan, bimbingan dan konseling serta psikologi yang nantinya dapat membantu dalam memberikan pelayanan kepada siswa agar dapat berkembang secara optimal.

Kata kunci: resiliensi akademik, rasch model, validitas

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Salsabila Farah Diba, & Ahman. (2024). Validitas Inventori Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Pendekatan Rasch Model. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 619–627. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6354

Citation Check