Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Autis Di SLB TKLB Negeri Ternate

Authors

  • Fatoni Achmad Universitas Khairun, Indonesia
  • Yulia Novita Sari Universitas Khairun, Indonesia
  • Dhanang Suwidagdho Universitas Tidar, Indonesia
  • Nurlian Doofa Universitas Khairun, Indonesia
  • Mulyanti Muin Universitas Khairun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6568

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling anak autis di SLB TKLB Negeri Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru yang mengajar anak autis di SLB TKLB Negeri Ternate. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Strategi guru di SLB TKLB Negeri Ternate dalam membantu anak autis mengatasi kesulitan belajar dilakukan melalui identifikasi kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap identifikasi kebutuhan, menyoroti pentingnya penyediaan ruang dan fasilitas belajar khusus serta penyesuaian pembelajaran berdasarkan kemampuan dan kebutuhan anak. Perencanaan kegiatan bimbingan dan konseling menekankan pendekatan individual dan interaktif, memperhatikan minat dan kondisi emosional anak. Pelaksanaan bimbingan dan konseling melibatkan penyesuaian pembelajaran dengan kemampuan anak serta kerjasama dengan orang tua untuk latihan di rumah. Penilaian dilakukan melalui metode kreatif seperti permainan dan pengulangan materi untuk mengevaluasi perkembangan dan pemahaman anak.

Downloads

Published

2024-11-02

How to Cite

Fatoni Achmad, Yulia Novita Sari, Dhanang Suwidagdho, Nurlian Doofa, & Mulyanti Muin. (2024). Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Autis Di SLB TKLB Negeri Ternate. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 835–849. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6568

Citation Check