Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Ahmad Irfan Nurul Chairi Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Drajat Edy Kurniawan Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Hartuti Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul, Indonesia
  • Anita Dwi Safitri Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Agung Slamet Kusmanto Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Susilo Adi Pratomo Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Mejobo Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6782

Abstract

Akar permasalahan siswa yang kurang disiplin dalam belajar adalah siswa lebih suka bermain dengan teman-temannya yang tidak berada di sekolah, hingga larut malam. Untuk itu diperlukan layanan konseling individu yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan behavioral dengan teknik modelling dalam mengubah perilaku kurang disiplin belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tepus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan satu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tepus. Sementara itu teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan memilih siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan behavioral dengan teknik modeling efektif untuk mengubah perilaku kurang disiplin belajar siswa. Dampaknya yaitu siswa menjadi lebih disiplin dalam melaksanakan aktifitas pembelajaran di sekolah.

Kata kunci: terapi perilaku, teknik pemodelan, disiplin, pembelajaran siswa

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Ahmad Irfan Nurul Chairi, Kurniawan, D. E., Hartuti, Anita Dwi Safitri, Agung Slamet Kusmanto, & Susilo Adi Pratomo. (2024). Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1117–1130. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6782

Citation Check