Pengaruh Penerapan Bimbingan Konseling Behavioral Terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah

Authors

  • Khairunnisa Harahap Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Indonesia
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7000

Abstract

Kedisiplinan siswa menjadi bagian yang penting dalam pelaksanaan kegiatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis menerapkan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa di MAS YPKS Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat pengarauh yang signifikan antara penerapan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa/i di MAS YPKS Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan kuasi experimental (one group pretest posttest design). Sampel sebanyak 12 siswa/i yang diambil secara purposive sampling teknik. Instrumen yang digunakan adalah angket kedisipilinan yang sudah di uji validitas dan reabilitasnya. Hasil pair sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) lebih kecil dari 0.05 (0.039<0.05). Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan bimbingan konseling behavioral terhadap kedisiplinan siswa/i di MAS YPKS Padangsidimpuan. Dengan membuktikan efektivitas bimbingan konseling behavioral terhadap peningkatan kedisiplinan siswa, studi ini menyediakan landasan penting bagi pengembangan program bimbingan yang lebih baik di sekolah-sekolah.

Kata kunci: siswa MAS YPKS, bimbingan konseling behavioral, kedisiplinan siswa

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Harahap, K., & Sri Wahyuni. (2024). Pengaruh Penerapan Bimbingan Konseling Behavioral Terhadap Kedisiplinan Siswa Madrasah Aliyah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7000

Citation Check