Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif

indonesia

Penulis

  • Gadis Gloria Narwastu Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Ayunda Ramadhani Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7084

Abstrak

Meningkatnya penggunaan media sosial dikalangan masyarakat tanpa adanya kontrol diri dapat berpotensi memicu perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa FEB Universitas Mulawarman. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa FEB Universitas Mulawarman yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui skala pembelian impulsif, intensitas penggunaan media sosial, dan kontrol diri, lalu dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif dengan kontribusi pengaruh sebesar 22.8%. artinya penggunaan media sosial yang lebih aktif cenderung melakukan pembelian impulsif. Sebaliknya, kontrol diri tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif. Temuan ini menunjukkan pentingnya kesadaran pengguna akan dampak pembelian impulsif, terutama dikalangan pengguna aktif, edukasi mengenai pengelolaan perilaku belanja juga di perlukan agar konsumen dapat membuat keputusan yang lebih bijak.

Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, kontrol diri, pembelian impulsif

Diterbitkan

2024-11-28

Cara Mengutip

Narwastu, G. G., & Ayunda Ramadhani. (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif: indonesia. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 944–952. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7084

Citation Check