PENGARUH TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (Studi Siswa Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, Bantul, Yogyakarta)

Authors

  • Muhammad Ro’uf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh tahfidz al-Qur’an terhadap
kecerdasan emosional siswa Salafiyah Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, Bantul,
Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX Salafiyah
Wustho yang berjumlah 200 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional random
sampling, sejumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner.
Teknik analisa datanya menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian
didapatkan bahwa Adanya pengaruh tahfidz al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional
siswa yaitu sebesar 28,9%, sedangkan 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Tingkat
hafalan al-Qur’an siswa Salfiyah Wustho pada kategori sedang dengan presentase yaitu
sebesar 67% dan tingkat kecerdasan emosional rata-rata pada kategori sedang dengan
persentase yaitu sebesar 77%.
Kata kunci: tahfidz al-Qur’an, kecerdasan emosional

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Ro’uf, M. (2019). PENGARUH TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (Studi Siswa Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, Bantul, Yogyakarta). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.81

Citation Check