PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISORO II

Penulis

  • Encep Komarudin Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1180

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian dan sosial mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa. Populasi sejumlah 85 siswa SD Muhammadiyah Kadisoro II, diambil  sebagai sampel 13 siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian hipotesis I menunjukkan nilai t hitung  > t table (3,472) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05), bahwa variable bebas kompetensi kepribadian (X1) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai thitung  > ttable (6,557) > (2,160) dan signifikansi < 0,05 (0,006) < (0,05). maka Ho ditolak, bahwa variable bebas kompetensi sosial  ( X2 ) secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar (Y). Hasil pengujian hipotesis 3 diketahui bahwa  Ftabel 4,10. Karena nilai Fhitung 75,880 lebih > dari Ftable (7,5880) > (4,10), bahwa variable X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terkait Y.

Kata kunci: kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, motivasi belajar

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Komarudin, E. (2020). PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISORO II. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1180

Citation Check