PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MELALUI METODE DRILL KELAS VII A MTs NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1186Abstrak
Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi aritmatika sosial melalui metode drill pada siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Demak Semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui metode drill ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika pada siklus I beberapa siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi aritmatika sosial menggunakan metode drill melalui dua siklus pada siklus I dari 34 siswaada 20 siswa atau 58,82% tuntas. Siklus II sebesar 29 siswa atau 85,29% siswa tuntas. Hal. ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa Upaya yang perlu dilakukan untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar adalah dengan memperhatikan model pembelajaran . Untuk itu disarankan pada guru matematika sebagai praktisi dilapangan untuk menggunakan metode pembelajaran drill dapat dijadikan salah satu alternatife dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, metode drill, siswa SMPUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.