PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MELALUI METODE DRILL KELAS VII A MTs NEGERI 5 DEMAK

Penulis

  • Idi Restutiningrum MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1186

Abstrak

Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi aritmatika sosial melalui metode drill pada siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Demak  Semester genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti  diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui metode drill ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika pada siklus  I beberapa  siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi aritmatika sosial menggunakan metode drill melalui dua siklus pada siklus I dari 34 siswaada 20 siswa atau 58,82% tuntas. Siklus II sebesar 29 siswa atau 85,29% siswa tuntas. Hal. ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa Upaya yang perlu dilakukan untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar adalah dengan memperhatikan model pembelajaran . Untuk itu disarankan pada guru matematika sebagai praktisi dilapangan untuk menggunakan metode pembelajaran drill dapat dijadikan salah satu alternatife dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, metode drill, siswa SMP

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Restutiningrum, I. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL MELALUI METODE DRILL KELAS VII A MTs NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1186

Citation Check