UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN REALITAS PADA SISWA KELAS IX F MTs NEGERI 5 DEMAK

Penulis

  • Elsye Irianti MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1188

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui keadaan motivasi belajar rendah pada siswa kelas IX F Semester 1 MTsN 5 Demak tahun pelajaran 2019/2020, dan 2) untuk mengetahui  masalah motivasi belajar rendah pada siswa kelas IX F dapat ditingkatkan melalui pendekatan realitas di Semester 1 MTsN 5 Demak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dimana dalam penelitian ini melalui tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah Memberikan motivasi kepada seorang siswa berarti menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu atau ingin melakukan sesuatu. Hasil belajar akan  optimal kalau ada motivasi. Setelah dilaksanakan evaluasi layanan pada siklusI dan siklus II,  diperoleh data bahwa sudah ada peningkatan perbaikan layanan pada siswa yang cukup  signifikan yaitu pada siklus 1 ada 9 siswa dengan kategori tinggi, 20 siswa dengan kategori sedang dan 9 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus 2 ada 24 siswa dengan kategori tinggi, 11 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa dengan kategori rendah. Siswa memilih alternatif untuk membangkitkan kemauan dan semangatnya untuk belajar lebih rajin dan dengan mengingat kembali bahwa ujian sudah dekat akan membuat dirinya belajar lebih rajin supaya mendapatkan nilai yang bagus.

Kata kunci: motivasi belajar, pendekatan realitas, siswa SMP

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Irianti, E. (2020). UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN REALITAS PADA SISWA KELAS IX F MTs NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 69–75. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1188

Citation Check