UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN REALITAS PADA SISWA KELAS IX F MTs NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1188Abstrak
Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui keadaan motivasi belajar rendah pada siswa kelas IX F Semester 1 MTsN 5 Demak tahun pelajaran 2019/2020, dan 2) untuk mengetahui masalah motivasi belajar rendah pada siswa kelas IX F dapat ditingkatkan melalui pendekatan realitas di Semester 1 MTsN 5 Demak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling dimana dalam penelitian ini melalui tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah Memberikan motivasi kepada seorang siswa berarti menggerakkan siswa untuk melakukan sesuatu atau ingin melakukan sesuatu. Hasil belajar akan optimal kalau ada motivasi. Setelah dilaksanakan evaluasi layanan pada siklusI dan siklus II, diperoleh data bahwa sudah ada peningkatan perbaikan layanan pada siswa yang cukup signifikan yaitu pada siklus 1 ada 9 siswa dengan kategori tinggi, 20 siswa dengan kategori sedang dan 9 siswa dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus 2 ada 24 siswa dengan kategori tinggi, 11 siswa dengan kategori sedang dan 3 siswa dengan kategori rendah. Siswa memilih alternatif untuk membangkitkan kemauan dan semangatnya untuk belajar lebih rajin dan dengan mengingat kembali bahwa ujian sudah dekat akan membuat dirinya belajar lebih rajin supaya mendapatkan nilai yang bagus.
Kata kunci: motivasi belajar, pendekatan realitas, siswa SMPUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.