MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SEMESTER GENAP MTS NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • Mustofiyah Mustofiyah MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1192

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui a) proses pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. b) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah keseluruhan siswa di kelas VIIIA adalah 32 peserta didik, dengan rincian peserta didik putri 30 orang dan peserta didik putra 2 orang. Hasil belajar mereka pada mapel IPA, dilihat dari nilai ulangan setelah menyelesaikan 1 bulan pembelajaran (1 KD) rata-rata nilai mereka rendah. Siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM ada 35%, diatas KKM ada 65%. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasilnya penelitian menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 hasil belajar yang didapat mengalami peningkatan dari hasil belajar Siklus 1 dari 71,875 % ke siklus 2 menjadi 93,75% dengan peningkatan sebesar 21,875%, selain prosentase ketuntasan nilai rata – rata pun juga mengalami kenaikan dari 77 menjadii 85,94 Dari prosentase hasil belajar peserta didik bisa dilihat bahwa di siklus 2 menunjukan prosentase diatas 90%.

Kata Kunci: metode jigsaw, IPA, siswa SMP

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Mustofiyah, M. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SEMESTER GENAP MTS NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 103–110. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1192

Citation Check