UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX C MTS NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1193Abstrak
Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan dan kekongruenan Melalui Strategi pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IX C MTs Negeri 5 Demak. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui model Problem Based Learning, ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika pada siklus I beberapa siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi bangun datar sisi lengkung menggunakan Problem Based Learning melalui dua siklus, rata-rata nilai tes akhir pada siklus I sebesar 62,52 dan rata-rata nilai tes akhir pada siklus II sebesar 83,33. ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa
Kata Kunci: hasil belajar, problem based learning, siswa SMPUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.