UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX C MTS NEGERI 5 DEMAK

Penulis

  • Astuti Suprih MTs Negeri 5 Demak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1193

Abstrak

Penelitian ini bertujuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan dan kekongruenan Melalui Strategi pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IX C MTs Negeri 5 Demak. Metode penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil pembelajaran pada siklus I yang oleh peneliti  diawali dengan perencaaan dilanjutkan dengan tindakan, observasi dan refleksi. Peneliti melalui model Problem Based Learning, ternyata hasil yang dicapai dalam pembelajaran matematika pada siklus  I beberapa  siswa masih terlihat kurang antusias dan kurang memahami materi yang di berikan. Adapun siklus II, siswa mengikuti kegiatan pembelajaran sangat antusias. Pemberian materi bangun datar sisi lengkung menggunakan Problem Based Learning melalui dua siklus, rata-rata nilai tes akhir pada siklus I sebesar 62,52 dan rata-rata nilai tes akhir pada siklus II sebesar 83,33. ini mengalami perubahan yang signifikan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa

Kata Kunci: hasil belajar, problem based learning, siswa SMP

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Suprih, A. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IX C MTS NEGERI 5 DEMAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 111–118. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1193

Citation Check