ACADEMIC BURNOUT PADA PESERTA DIDIK TERDAMPAK PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Asrowi Asrowi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Agus Tri Susilo Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Agit Purwo Hartanto Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1195

Abstrak

Penelitian ini berupaya mengkaji academic burnout pada peserta didik terdampak wabah Covid-19. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan secara mendetail mengenai kondisi psikologis peserta didik khususnya mengenai academic burnout. Walaupun secara mayoritas peserta didik mengalami academic burnout pada tingkat sedang yaitu 50% namun perlu diwaspadai 10% dari 527 responden peserta didik eks-karesidenan Surakarta mengalami burnout pada tingkat tinggi. Selain itu, melalui uji paired t-test maka ditemukan fakta menarik bahwa terdapat perbedaan signifikan (<0,05) tingkat academic burnout ditinjau dari gender. Disamping itu melalui uji one way anova terdapat pula perbedaan signifikan (<0,05) ditinjau dari pekerjaan orang tua.

Kata kunci: academic, burnout, pandemi

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). ACADEMIC BURNOUT PADA PESERTA DIDIK TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1195

Citation Check