PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI OLEH IBU KARIR (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH KAUMAN YOGYAKARTA)

Penulis

  • Purnama Sari Program Studi Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2178

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui Strategi ibu karir di SD Muhammadiyah
Kauman Yogyakarta dalam memenuhi kebutuhan pendidikan akhlak anak, dengan
membagi waktu waktu antara keluarga dan karir kunci untama mereka lakukan. 2) Faktor
pendukung dan penghambat pendidikan akhlak anak oleh ibu karir, dapat dilihat bahwa
karir mampu mengsukseskan pendidikan akhlak anak dengan dukungan dari kedua orang
tua. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Lokasi penelitian SD Muhammadiyah kuaman Yogyakarta. Dengan subjek
penelitian, 3 ibu karir yang mempunyai anak usia dini, usia anak diantara 4 tahun sampai
12 tahun siswa. Dalam tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ibu karir yang
bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Kauman menjalankan kedua peran walaupun
merasa dilema dalam mengatur waktu merka tetap konsisten dengan waktu yang mereka
miliki. Strategi ibu karir dalam memenuhi kebutuhan pendidikan akhlak anak dengan
membagi waktu semaksimal mungkin, faktor pendukung lingkungan yang religuis,
lingkungan keluarga, teman sekolah, teman TPA, faktor penghambat waktu bersama anak
sedikit sekali, lingkungan rumah yang kurang religius, tempat pengasuh anak yang
kurang pendidikan agamanya.
Kata kunci : Pendidikan Akhlak, Anak Usia Dini, Ibu karir.

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Sari, P. (2021). PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI OLEH IBU KARIR (STUDI KASUS SD MUHAMMADIYAH KAUMAN YOGYAKARTA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 22–26. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2178

Citation Check