PERAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2179Abstrak
Penelitian ini mengkaji metode SD Muhammadiyah Sapen dan peran orang tua peserta
didik dalam penanaman nilai sikap spiritual dan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan
teknik purposive sampling, teknik pengambilan sumber data dengan teknik sampel. Jenis
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui desk
study, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan analisis menggunakan psikolgi dan
sosial. Hasil penelitian menunjukkan Peran orang tua peserta didik dalam penanaman
nilai sikap spiritual dan sosial mayoritas masih menggunakan metode keteladanan dan
metode imperatif. Peran sekolah dalam penanaman nilai sikap berbasis pada metode
manajemen partisipatif. yang melibatkan siswa, guru, orangtua dan stakeholder sekolah.
Metode manajemen partisipatif yang digunakan adalah berbasis religion normative
approach (pendekatan ajaran agama) yang dibangun atas tiga hal pokok yaitu man
(sumber daya manusia), material (sarana prasarana), dan money (keuangan). Peran orang
tua dalam penanaman nilai sikap menggunakan metode keteladanan, keteladanan ini
orang tua mengajak serta anak-anaknya dalam beribadah, kegiatan keagamaan, dan
kegiatan sosial. Metode Imperatif ,dengan mengucapkan kalimat yang bersifat printah
atau komando.
Kata Kunci: Sikap, Spiritual, Sosial
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.