MOTIVASI BELAJAR DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2182Abstrak
Riset ini bermaksud untuk menerangkan secara rinci tentang motivasi belajar online pada
masa pandemi Covid-19 untuk mahasiswa aktif Bimbingan dan Konseling angkatan
2018, 2019, serta 2020. Tujuan dari riset ini merupakan buat mengenali seberapa besar
motivasi belajar sembari online. untuk mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Penyuluhan
masa pandemi di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Riset ini ialah tipe riset
deskriptif kuantitatif dengan tata cara survei. Subyek riset ini merupakan mahasiswa aktif
Bimbingan dan Konseling di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berjumlah 194
mahasiswa. Tata cara pengumpulan informasi yang peneliti gunakan merupakan
penyebaran angket secara online melalui google form dengan variabel motivasi belajar
daring. Memakai tata cara survei sebab sesuai untuk menguak motivasi belajar daring
mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam pembelajaran online di masa pandemi
Covid-19 ini. Hasil riset menampilkan kalau motivasi belajar daring untuk program studi
Bimbingan dan Konseling tahun 2018, 2019, dan 2020 di Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya sangat baik, hal ini diperoleh dari persentase skor dengan mengelompokkan ke
dalam tiga kategori, yaitu tingkat motivasi belajar daring tinggi (15,1%), sedang (69,8%),
dan rendah (15,1%).
Kata kunci: motivasi belajar, online, pandemi covid-19
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.