MOTIVASI BELAJAR DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA

Penulis

  • Prasetyaningrum Prasetyaningrum Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ayong Lianawati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2182

Abstrak

Riset ini bermaksud untuk menerangkan secara rinci tentang motivasi belajar online pada
masa pandemi Covid-19 untuk mahasiswa aktif Bimbingan dan Konseling angkatan
2018, 2019, serta 2020. Tujuan dari riset ini merupakan buat mengenali seberapa besar
motivasi belajar sembari online. untuk mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Penyuluhan
masa pandemi di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Riset ini ialah tipe riset
deskriptif kuantitatif dengan tata cara survei. Subyek riset ini merupakan mahasiswa aktif
Bimbingan dan Konseling di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berjumlah 194
mahasiswa. Tata cara pengumpulan informasi yang peneliti gunakan merupakan
penyebaran angket secara online melalui google form dengan variabel motivasi belajar
daring. Memakai tata cara survei sebab sesuai untuk menguak motivasi belajar daring
mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam pembelajaran online di masa pandemi
Covid-19 ini. Hasil riset menampilkan kalau motivasi belajar daring untuk program studi
Bimbingan dan Konseling tahun 2018, 2019, dan 2020 di Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya sangat baik, hal ini diperoleh dari persentase skor dengan mengelompokkan ke
dalam tiga kategori, yaitu tingkat motivasi belajar daring tinggi (15,1%), sedang (69,8%),
dan rendah (15,1%).
Kata kunci: motivasi belajar, online, pandemi covid-19

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Prasetyaningrum, P., & Lianawati, A. (2021). MOTIVASI BELAJAR DARING DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2182

Citation Check