HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG

Penulis

  • Ayu Mei Novia Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Heri Saptadi I Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Agus Setiawan Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2186

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan
prokrastinasi akademik siswa. Prokrastinasi akademik sering kali kerap terjadi di sekolahsekolah.

Prokrastinasi akademik dapat disebabkan oleh banyak faktor. Salah yang
menjadi penyebab yaitu pola asuh orang tua. Kurangnya kesadaran orang tua akan
pentingnya pola asuh untuk anak dapat menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik
siswa. Oleh karena itu orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak.
Berdasarkan hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang
tua dengan prokrastinasi akademik siswa. Artinya semakin rendah tingkat pola asuh
orang tua maka akan semakin tinggi tingkat prokratinasi akademik siswa, sebaliknya jika
semakin tinggi tingkat pola asuh orang tua, maka akan semakin rendah tingkat
prokrastinasi akademik siswa.
Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Pola asuh orang tua

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

Novia, A. M., Saptadi I, H., & Setiawan, A. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 74–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2186

Citation Check